Sejarah

Unit kegiatan mahasiswa Mahasiswa Unggul atau disingkat UKM Mahasiswa Unggul merupakan salah satu organisasi yang diiniasi sejak tahun 2017. UKM MU lahir dimulai dari pembentukan UNUSIDA Editor Team atau tim penyunting Unusida yang dibentuk oleh bapak Agung Purnomo dari mahasiswa Unusida yang mengampu mata kuliah kewirausahaan pada tahun 2017. UNUSIDA Editor Team melakukan penyuntingan buku seri Wirausaha Pendidikan Indonesia jilid 1,2,3, & 4 yang diterbitkan oleh UNUSIDA Press pada tahun 2017. UNUSIDA Editor team berisi delapan mahasiswa PGSD A & B angkatan 2016, yaitu: Nur Asitah, Ayu Munjidah, Diana Yuniarti, Siti Qori’ah, Inayatul Maula, Siti Aminantus Solichah, Wiwin Fidiana, dan Khoiriyatun Nahdiyah.

Unusida Editor Team
Unusida Editor Team

UNUSIDA Editor Team selanjutnya bertransformasi menjadi Program Unusida Menulis (PUM) yang dibimbing oleh ibu Elsa Rosyidah. Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa UNUSIDA yang berminat terhadap karya tulis agar turut bergabung, tidak terbatas kepada mahasiswa PGSD A & B 2016. Ada enam mahasiswa angkatan 2017 yang bergabung di Program Unusida Menulis, yaitu Nur Istiqomah (PGSD), M. Ismail (PBI), Fahmi (DKV), Aldiyansyah Kiki A. (Manajemen), Denok Oktawila (T. Kimia) dan Ahmad Anshori (Manajemen).

Program Unusida Menulis dari 2017
Program Unusida Menulis dari mahasiswa 2017

Program Unusida Menulis kemudian diajukan legalitasnya ke Unusida untuk menjadi UKM Mahasiswa Unggul Unusida pada 31 Januari 2018.

Elemen nama ”Unggul” di inspirasi oleh elemen nama dari “beasiswa unggulan”.

UKM Mahasiwa Unggul resmi menjadi UKM di Unusida melalui Keputusan Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Nomor: 053/U9.1/SK/2018 pada 15 Februari 2018.

Pelantikan UKM Unusida
Pelantikan UKM Unusida

UKM Mahasiwa Unggul dilantik oleh rektor Unusida bapak Dr. Fatkul Anam pada 16 Februari 2018.

UKM Mahasiswa Unggul di inisiasi untuk mengakselerasi lahirnya pemimpin Indonesia mendatang dari Unusida yang berawal dari mahasiswa unggul di masa kini. Tolak ukur mahasiswa unggul menggunakan perspektif mahasiswa berprestasi (mawapres/ pilmapres). Anggota dipersiapkan untuk meraih beasiswa Pascasarjana dalam negeri hingga luar negeri, dan sukses meniti karir profesional setelah lulus dari Unusida. Tujuan UKM MU diimplementasikan melalui aktivitas catur darma perguruan tinggi yakni pendidikan/ pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan  pengembangan diri.

Update 1 Maret 2018 

Advertisements